Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Banjir sepertinya sudah menjadi fenomena yang tak asing lagi bagi kita. Meskipun seharusnya dapat dicegah, tapi toh kita tak dapat menghindar saat bencana itu tiba.
Banjir membuat barang-barang di dalam rumah kita terendam, kotor atau bahkan jadi rusak. Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.
Furniture.
Furniture adalah korban langsung saat air kotor itu mulai memasuki rumah kita. Nah, berikut ini ada tips mudah untuk membersihkan furnitur Anda setelah terendam banjir.
Mula-mula bersihkan perabot yang ternoda air banjir, kemudian oleskan mayones tanpa rasa (plain) pada bagian yang bernoda menggunakan lap lembut. Gosok-gosok agak kuat. Setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.
Karpet.
Karpet kesayangan Anda tak terselamatkan saat banjir? Ada cara mudah membersihkan karpet tanpa harus membawanya ke laundry.
  • Letakkan karpet di lantai, kemudian siram sisi depan dan belakang karpet tersebut dengan air bersih menggunakan selang agar kotoran yang ada di dalam karpet keluar.
  • Keluarkan sisa air pada karpet dengan menggunakan serokan karet berwarna hitam yang biasanya digunakan untuk mendorong air di lantai.
  • Cuci karpet dengan shampoo bayi. Usahakan sikat searah serat karpet agar karpet tidak rusak.Siram karpet permadani yang sudah di cuci dengan shampoo tersebut dengan air bersih. Ulangi kembali hingga air yang keluar dari karpet berwarna bening.
  • Setelah itu, jemur karpet di bawah sinar matahari.
Kasur.
Kasur juga merupakan perabot rumah tangga yang kadang tak luput dari banjir. Sangat susah membersihkan kasur yang habis terendam banjir. Tapi ada cara jitu untuk itu sehingga kasur Anda dapat digunakan kembali.
  • Jemur kasur hingga kering.
  • Ketika dijemur, lakukan pembalikan dan pukul beberapa kali.
  • Setelah kering, bersihkan noda dan semprotkan desinfektan, kemudian jemur kembali.
  • Semprotkan pewangi pakaian sebelum kasur digunakan lagi.
Selamat Mencoba!

Sumber : http://tipsrumah.com/membersihkan-rumah-pasca-banjir/

0 komentar:

Posting Komentar