Unsur Alam, Penambah Relaksasi di Kamar Mandi


KOMPAS.com - Mandi tidak lagi dipandang sebagai sekadar kegiatan membersihkan tubuh. Apalagi di tengah kesibukan sehari-hari yang sudah sangat menyita waktu seperti saat ini, kegiatan mandi dianggap sebagai waktu khusus karena di saat itulah tubuh dan pikiran dapat bersantai sejenak.

Karena itu, desain kamar mandi pun harus mendukung kegiatan relaksasi ini. Salah satunya adalah desain kamar mandi yang mengedepankan unsur-unsur alam. Karena, benda-benda yang diasosiasikan dengan alam tidak saja dapat memanjakan mata, tetapi juga merangsang indera lain. Misalnya, telinga mendengar gemericik air, telapak kaki pun merasakan kasarnya lantai.
Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk menghadirkan suasana alam ke dalam kamar mandi:
1. Bukaan besar
Buat bukaan besar di kamar mandi yang dapat memasukkan hijaunya pepohonan di luar rumah. Ini akan membuat cahaya matahari juga dapat menyinari area kamar mandi dan melenyapkan kelembapan yang tidak sehat.
Takut terlihat orang saat mandi? Buat bukaan yang letaknya di bagian atas, setidaknya di atas tinggi kepala.
2. Material alam
Pilih material alami seperti batu alam atau dahan pohon. Tekstur batu alam yang kasar menjadikan area kamar mandi terasa seperti di alam bebas, karena dapat mengingatkan pada kolam atau sungai. Sementara itu, dahan kayu dapat dimanfaatkan sebagai gantungan handuk atau pakaian.
3. Peralatan kamar mandi
Peralatan kamar mandi seperti wastafel, keran, atau bak mandi dapat dipilih yang desainnya mengambil inspirasi dari alam. Peralatan tersebut juga dapat dibuat dari bahan tanah liat berbentuk organik. Ornamen binatang seperti capung, katak, ikan, atau kura-kura dapat memperkuat kesan alami kamar mandi ini.
4. Warna alam
Sapukan kamar mandi dengan warna-warni alam. Hijau yang mengambil inspirasi dari tanaman dapat diaplikasikan dan dipadukan cokelatnya warna tanah, serta warna batu yang keabuan, agar tercipta replika alam bebas yang sempurna.

Sumber: http://properti.kompas.com/read/2011/06/14/13484414/Unsur.Alam.Penambah.Relaksasi.di.Kamar.Mandi

0 komentar:

Posting Komentar