Tips Menata Rumah Mungil

Memiliki rumah mungil dengan luas tanah sekitar 105 meter persegi bukan berarti menjadi masalah menjadikannya menarik. Rumah mungil tetap nyaman asalkan Anda tahu cara menyiasatinya.

Kunci kenyamanan tinggal di rumah dengan lahan yang terbatas ialah pemilik rumah harus memerhatikan pembagian ruangan berdasarkan fungsinya. Kebutuhan akan ruang di dalam rumah mungil harus diatur secara efektif dan efisien.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Manfaatkan Ruang dengan Efisien. Cermati ruang-ruang kosong yang ada di rumah, manfaatkan untuk meletakkan barang. Misalnya di bawah tangga, Anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storeage. Bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang.

2. Perhatikan Faktor Pencahayaan dalam Ruang. Sinar cahaya lampu yang Anda dapat manfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Perhatikan juga jarak penempatan lampu di tiap ruangan.

3. Atur Letak Jendela dan Tepat Memilih Kaca. Peletakan jendela harus tepat posisinya, begitu juga pemakaian kaca di dalam rumah dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Pakailah ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Jendela dipasang dengan posisi tepat agar dapat menyerap sinar matahari, memberi kehangatan, dan membantu sirkulasi udara dalam rumah.

4. Cat Dinding dengan Warna Terang. Sebaiknya Anda memilih warna-warna terang untuk dinding, pasalnya warna gelap akan memberi kesan ruangan lebih sempit dan lesu. Kalau Anda senang memakai wallpaper, pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut. Motif misalnya garis tipis atau kotak tipis. Tujuannya untuk mengistirahatkan pandangan mata.

5. Tangga Dibuat Ringan. Bila rumah mungil Anda terdiri dari dua lantai, sebaiknya memilih tangga dari bahan yang ringan karena akan terlihat tidak memakan ruangan yang sudah sempit. Di bawah tangga bisa dimanfaatkan menempatkan barang. Namun, hindari menumpuk barang di situ karena ruangan akan terlihat berantakan.

6. Pemilihan Furnitur. Sebaiknya Anda memilih furnitur dengan desain sederhana. Pilih juga warna furnitur yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Sebagai sentuhan alam, masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.

7. Pakailah Cermin. Cermin dapat dipasang pada sudut rumah tertentu di dalam rumah. Seperti diketahui, kegunaannya selain untuk mematut diri dapat juga menyiasati ruang yang sempit. Cermin tidak usah terlalu besar dan terlalu banyak. Tempatkan di satu sudut dan berfungsi memberi kesan luas di dalam ruangan.

Selamat mencoba!

Sumber: kompas.com

Tips Memilih Lokasi Rumah Idaman

Jakartakita.com:  Sobat Jakarta, memilih lokasi rumah idaman itu ‘susah-susah gampang’. Ada banyak hal penting yang patut dipertimbangkan saat memilih lokasi untuk rumah idaman. Harga tanah dan rumah yang murah saja tidak cukup untuk dijadikan pertimbangan. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memilih lokasi rumah idaman Anda:
  1. Kondisi Jalan adalah hal paling penting yang harus dipertimbangkan. Percuma rumah bagus tetapi akses menuju rumah Anda susah, misalkan; jalanan becek, terlalu sempit untuk kendaraan, atau aspal tetapi berlubang-lubang. Lebih baik Anda mencari lokasi lain saja.
  2. Fasilitas Air, Listrik, dan Telepon merupakan syarat kelengkapan rumah. Anda tidak mau bukan rumah bagus tetapi kualitas air buruk, saluran telepon belum masuk, dan listrik sering mati.
  3. Kebersihan Lingkungan. Perhatikan kebersihan di lingkungan sekitar! Bagaimanakah sistem sanitasi di lingkungan tersebut? Jangan abaikan kebersihan lingkungan kalau Anda mempedulikan kesehatan Anda dan keluarga. Karena nantinya Anda dan sekeluarga akan menghabiskan waktu di rumah tersebut.
  4. Green Environment. Lokasi lingkungan rumah yang ‘hijau’ selain asri dan enak dipandang, juga baik untuk kesehatan. Karena pepohonan hijau mampu menjaga kualitas udara dari polusi.
  5. Bebas Banjir. Bebas banjir menjadi salah satu kriteria terpenting dalam menentukan lokasi rumah idaman.
  6. Strategis. Strategis memang hal yang cenderung subjektif. Setiap orang memiliki criteria strategis masing-masing. Anda dapat menentukan sendiri apakah tempat tinggal mudah dijangkau Anda sendiri dan orang lain, atau dekat dengan tempat yang sering Anda kunjungi. Lokasi strategis juga bisa diartikan kemudahan alat transportasi.
  7. Fasilitas umum. Fasilitas umum dapat berupa rumah sakit, pusat perbelanjaan, gym, kolam berenang atau fasilitas lainnya yang akan membuat lokasi rumah idaman Anda ideal sebagai kota mandiri.
Sumber : http://jakartakita.com/2012/03/02/tips-memilih-lokasi-rumah-idaman/

Perawatan Rumah dan Perabot Pasca Banjir

sumber : http://o-kreatif.blogspot.com
Sekarang ini banjir sepertinya sudah menjadi hal yang biasa, setiap kali hujan pasti banjir menyapa...diluar siapa / apa penyebabnya.. itulah bencana dan cobaan buat kita.. banyak yang menjadi korban karenanya.. yang perlu diperhatikan adalah menejemen pasca banjir,

karena pasti banyak barang perabot kita yang perlu perawatan exstra.

1. Bersihkan Rumah dari rendaman air seiring dengan surutnya air, jangan menunggu sampai benar - benar air surut baru dibersihkan karena akan memakan waktu dan tenaga. Baru setelah itu anda dapat menyemprotkan air bersih untuk membilasnya.

2. Untuk perabot yang terkena banjir segera disiram dengan air bersih jangan menunggu kering karena akan sulit membersihkan noda yang melekat, dengan sedikit mayones tanpa rasa (plain) oleskan pada bagian yang bernoda. Gosoklah dengan kain lembut, Setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.

3. Khusus untuk karpet kesayangan, anda dapat melakukan sedikit tips berikut;
  • Taruh karpet di pagar atau apa saja untuk mendapatkan posisinya menggantung, kemudian siram dengan air bersih dan sapulah karpet menggunakan sapu lidi agar kotoran yang ada di dalam karpet dapat tersapu.
  • Gosoklah karpet setelah itu dengan alat gosok baju yang agak halus dengan lembut secara searah, untuk menjaga karpet tidak rusak.
  • Bilaslah karpet dengan menggunakan shampo jangan sabun cuci ( sangat di anjurkan menggunakan shampo baby karena tidak terlalu panas d karpet). Lakukan hal tersebut sampai air yang keluar dari karpet tidak keruh lagi.
  • Jemurlah karpet dengan posisi yang sama atau bisa di jemur di atas genteng agar mendapat sinar yang merata sampai kering.

4. Kasur merupakan perabot yang paling sulit dalam perawatan pasca banjir, karena bahan kasur ( kapas, spoon, dll) adalah tidak tahan air. Tetapi jangan kuwatir, tips berikut bisa membantu anda.

  • Jemurlah kasur hingga benar benar - kering, dan lakukan pembalikan agar keringnya merata pada semua sisi sambil dipukul - pukul dengan memakai rotan seperti anda menjemur kasur pada umumnya sehingga noda - noda yang melekat bisa ikut tersapu.
  • Setelah kering, semprotkan cairan anti bakteri yang bisa anda beli di toko obat, kemudian jemur kembali.
  • Semprotkan pengharum pakaian sebelum kasur digunakan lagi.
Sumber : http://www.bauhausliving.com/tips-a-tricks/27-tips/116-perawatan-rumah-dan-perabot-pasca-banjir-

Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Banjir sepertinya sudah menjadi fenomena yang tak asing lagi bagi kita. Meskipun seharusnya dapat dicegah, tapi toh kita tak dapat menghindar saat bencana itu tiba.
Banjir membuat barang-barang di dalam rumah kita terendam, kotor atau bahkan jadi rusak. Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.
Furniture.
Furniture adalah korban langsung saat air kotor itu mulai memasuki rumah kita. Nah, berikut ini ada tips mudah untuk membersihkan furnitur Anda setelah terendam banjir.
Mula-mula bersihkan perabot yang ternoda air banjir, kemudian oleskan mayones tanpa rasa (plain) pada bagian yang bernoda menggunakan lap lembut. Gosok-gosok agak kuat. Setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.
Karpet.
Karpet kesayangan Anda tak terselamatkan saat banjir? Ada cara mudah membersihkan karpet tanpa harus membawanya ke laundry.
  • Letakkan karpet di lantai, kemudian siram sisi depan dan belakang karpet tersebut dengan air bersih menggunakan selang agar kotoran yang ada di dalam karpet keluar.
  • Keluarkan sisa air pada karpet dengan menggunakan serokan karet berwarna hitam yang biasanya digunakan untuk mendorong air di lantai.
  • Cuci karpet dengan shampoo bayi. Usahakan sikat searah serat karpet agar karpet tidak rusak.Siram karpet permadani yang sudah di cuci dengan shampoo tersebut dengan air bersih. Ulangi kembali hingga air yang keluar dari karpet berwarna bening.
  • Setelah itu, jemur karpet di bawah sinar matahari.
Kasur.
Kasur juga merupakan perabot rumah tangga yang kadang tak luput dari banjir. Sangat susah membersihkan kasur yang habis terendam banjir. Tapi ada cara jitu untuk itu sehingga kasur Anda dapat digunakan kembali.
  • Jemur kasur hingga kering.
  • Ketika dijemur, lakukan pembalikan dan pukul beberapa kali.
  • Setelah kering, bersihkan noda dan semprotkan desinfektan, kemudian jemur kembali.
  • Semprotkan pewangi pakaian sebelum kasur digunakan lagi.
Selamat Mencoba!

Sumber : http://tipsrumah.com/membersihkan-rumah-pasca-banjir/